Tips Perawatan Motor Sebelum Mudik

Oke buat pembaca sekalian kali ini Info Bagus bakal bagi-bagi tips persiapan buat para pembaca yang pada suka Mudik, baik itu buat keperluan kerja, kuliah, atau hanya sekedar jalan-jalan buat refreshing. Nah ini dia tipsnya silahkan di kunyah-kunyah..hehe

Bagi Agan yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor kesayangannya, ada baiknya melakukan perawatan sepeda motornya gan sebelum tiba waktunya mudik.

 Waktu yang tepat untuk melakukan Perawatan Sepeda Motor Sebelum Mudik adalah 2 atau 1 minggu sebelum keberangkatan, supaya waktu pengerjaan benar-benar maksimal nih.
“Jika hanya perawatan ringan sebaiknya satu minggu sebelumnya jika perawatan hingga bongkar mesin lebih baik dua minggu sebelum keberangkatan"
 Berikut ini tips apa saja yang harus diperiksa dan diperhatikan untuk sepeda motor anda dari saya nih:

 Bersihkan Karburator: Bersihkan karburator dan saringan (penyaring) udara, ini sangat penting untuk menghilangkan kerak dan kotoran di dalamnya. Jika dibiarkan dan tidak dibersihkan, motor menjadi kurang tenaga karena sistem pembakaran kurang maksimal akibat kotoran yang menempel pada karburator sehingga perjalanan mudik agan menjadi kurang nyaman. Tapi jika Fuel Injection, cukup dilakukan pengecekan system FI-nya saja.

Ganti Pelumas Mesin Atau Oli: Periksa volume oli mesin, jika hendak melakukan perjalanan jauh, sebaiknya oli diganti dengan pelumas baru, penggantian oli wajib dilakukan berkala setiap 1.500-2.000 kilometer.  Jika melebihi jarak tersebut, kinerja mesin kurang maksimal, tarikan terasa berat dan jadi boros bahan bakar tentunya bakal buat perjalanan Mudik anda lebih boros duit juga.

 Periksa Sistem Pengapian Atau Busi: Busi memiliki peran penting untuk sistem pengapian dan pembakaran bahan bakar. Lakukan pengecekan busi. Hal ini bisa dilakukan sendiri oleh anda, cara melihat busi masih berfungsi baik atau tidak dapat dilihat jika ujung busi sudah menghitam dan dipenuhi kerak karbon maka harus diganti dengan yang baru.

 Bearing (Laher) Roda: Nah yang satu ini meski terlihat sepele namun sangat penting juga diperhatikan, karena berkaitan dengan kestabilan roda ketika berkendara. Kalau roda terasa goyang ketika dipakai, itu berarti lahernya oblak dan harus diganti baru.

 Ganti Brake Pad: Untuk penggunaan bantalan rem tidak ada batasan dengan jarak. Brake pad harus diganti jika rem terasa lebih dalam ketika mengerem. Bila rem Anda jenis tromol, yang harus diperhatikan adalah indikator pada tromol yang letaknya di atas tuas penarik rem. Terdapat tanda panah ke bawah, yang berfungsi memberitahukan pengguna bahwa letak tuas penarik rem berada pada posisi ini. Semakin maju ke kanan maka semakin dalam tuas rem ditarik. Bila dalam kondisi ini rem masih kurang pakem maka kemungkinan brake shoe waktunya diganti.

 Perikas Rantai/Gearset: Pemeriksaan rantai sangat penting, Periksa jarak main bebas rantai roda antara atas dan bawah, di tengah-tengah kedua cakra rantai. Tegangan rantai harus disetel sedemikian rupa sehingga memungkinkan pergerakan vertikal apabila didorong dengan jari tangan sebesar: 15 – 25 mm. Periksa gearnya, jika sudah terlihat aus, sebaiknya diganti, untuk menghindari terjadinya putus di jalan.

 Skutik: Ada beberapa bagian yang harus diperhatikan dan harus diperiksa, yakni VanBelt, Roller, Busi, Filter Udara dan Oli Gardan. Bila jarak tempuh sudah mencapai 17000 km sebaiknya Filter udara segera diganti.

Bagaimana oke ngak Tips Perawatan Motor Sebelum Mudik dari saya hehe..lebih dan kurang saya minta maaf kepada allah saya mintak ampun, semoga bermanfaat buat para pembaca sekalian dan jangan lupa berdoa sebelum mudik :) terimakasih


Tag : otomotif
0 Komentar untuk "Tips Perawatan Motor Sebelum Mudik"

Back To Top